TAX CENTER UIN SUSKA RIAU HADIRI TAX CENTER DAN RELAWAN PAJAK GATHERING 2023

Program relawan pajak yang dilakukan sebagai salah satu bentuk kerjasama Tax Center UIN Suska Riau dengan Kanwil DJP Riau dan KPP Madya Pekanbaru yang berlangsung sejak tahun 2019 memberikan banyak manfaat, baik bagi pihak  Fakultas, Universitas, juga bagi Kanwil DJP Riau dan KPP Madya Pekanbaru.  Meningkatnya pelaporan E-SPT tiap tahunnya dan meningkatnya kesadaran pajak di kalangan masyarakat salah satu nya dikarenakan oleh peran serta Relawan yang selalu membantu dan memberikan pelayanan terbaik dalam hal yang terkait perpajakan kepada masyarakat.

Di tahun 2024 terdapat perbedaan proses rekrutmen relawan pajak dengan tahun-tahun sebelumnya. Mulai tahun 2016 sampai dengan 2023  proses rekrutmen relawan pajak dilakukan dengan cara menyerahkan kepada Tax center masing-masing  Universitas secara mandiri, tidak terdapat standar khusus dalam menilai calon relawan, dan untuk waktu Perekrutan tidak ditentukan atau fleksibel. Sedangkan untuk tahun 2024 relawan pajak di rekrut melalui suatu sistem Platform yang bernama “RENJANI” .

Untuk mengikuti program ini, mahasiswa calon relawan pajak dapat melakukan pendaftaran pada laman https://edukasi.pajak.go.id/relawan. Calon relawan pajak diwajibkan mengisi data diri dan mengunggah essay atau video perkenalan diri. Tak hanya itu, calon relawan pajak juga diminta untuk menceritakan pengalaman organisasi dan kegiatan sosial serta motivasi mengikuti program Renjani. Setelah mendaftarkan diri, sistem akan mengirim email pemberitahuan dan mahasiswa perlu melakukan reset password pada link aktivasi. Setelah reset password, mahasiswa cukup melakukan login ulang dan password baru sudah bisa digunakan.

Mahasiswa pendaftaran program relawan pajak Renjani bakal melaksanakan tugas sebagai relawan pajak mulai Januari hingga Desember 2024. Secara teknis pendaftar yang diterima menjadi relawan pajak akan menjalankan beberapa tugas yaitu asistensi SPT Tahunan, sosialisasi mandiri (narasumber, pendamping, pendukung pembuatan materi perpajakan), pendampingan Business Development Services (BDS), dan penyebarluasan konten perpajakan. Merujuk pada teknis manajemen relawan pajak, DJP akan menyediakan modul pelatihan yang bisa diakses lewat akun Renjani masing-masing calon relawan.

Terkait dengan hal tersebut pada hari Kamis tanggal 14 Desember pukul 08.00 s/d 13.30 wib dilaksanakan acara “TAX CENTER DAN RELAWAN PAJAK GATHERING “ sekaligus pengukuhan Relawan pajak 2024 yang mana Relawan Pajak UIN Suska Riau ditunjuk sebagai perwakilan secara simbolis dalam pengukuhan tersebut. Bertempat di Balai Diklat Keuangan (BDK) Kementrian Keuangan Provinsi Riau jalan Tanjung Pekanbaru. Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat di lingkungan Pajak, para Rektor,  Ketua dan pengurus Tax Center yang tersebar di wilayah Riau, Relawan pajak 2023 dan relawan pajak 2024 yang telah menyelesaikan Bimtek Online melalui Platform Renjani.

Tax center UIN Suska Riau yang sudah lama menjalin mitra dengan Kanwil DJP Riau dan KPP Madya Pekanbaru turut ambil bagian dalam acara tersebut. Tidak dipungkiri bahwa keberadaan relawan pajak UIN Suska Riau yang dikelola melalui Tax Center yang berada di Fakultas Ekonomi  dan Ilmu Sosial (FEIS) UIN Suska Riau banyak memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi semua pihak terutama bagi pihak Universitas, kepentingan akreditasi Fakultas dan kerjasama yang baik dengan Kanwil DJP Riau dan KPP Madya Pekanbaru. Dan yang lebih penting lagi UIN Suska Riau turut mendukung program pembangunan nasional dengan cara peningkatan kesadaran pajak di kalangan masyarakat mengingat lebih dari 80 persen penerimaan negara berasal dari pajak.

About Wine Salsabila