HMPS D3 ADMINISTRASI PERPAJAKAN x KEJAR MIMPI SELENGGARAKAN SEMINAR ECONOMY TALKING 2024 BERSAMA KANWIL DJP RIAU

Alhamdulillah pada 11 Mei 2024 telah terlaksana kegiatan Economy Talking yang diselanggarakan oleh HMPS D3 Administrasi Perpajakan x Kejar Mimpi bertempat di Islamic Center UIN SUSKA Riau dengan Tema “Pentingnya Paham Dunia Perpajakan dan Peran Utama Gen Z”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif Administrasi Perpajakan dan seluruh Organisasi Mahasiswa Jurusan maupun Fakultas Se-UIN SUSKA Riau dan Organisasi External seperti Genbi (Generasi Baru Indonesia) Riau , Sobat Bumi, URC, LPII (Lembaga Pengkajian Ilmiah dan Informasi, KSEI (Kustodian Sentral Efel Indonesia), dan organisasi eksternal lainnya. Pada kegiatan ini mahasiswa diajak untuk memahami tentang pentingnya literasi keuangan terutama pada sektor pajak, yang mana pajak sendiri merupakan sumber pendapatan negara terbesar.

Kegiatan Economy Talking dibuka oleh Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni Dr. Julina, SE., M.Si. Dalam sambutannya Dr. Julina menyampaikan “Selamat dan dukungannya kepada panitia pelaksana dan seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan Economy Talking untuk antusias dalam kegiatan ini karena program seperti ini merupakan program yang menambah pengetahuan mahasiswa dalam melihat dan membaca kondisi keuangan negara” ujar Dr. Julina.

Dilanjutkan pada sesi Talkshow dihadiri pemateri pertama Agus Suyanto, S.H., M.Si yaitu dari DJP Kanwil Riau Pada pemaparan materinya DJP Kanwil Riau sampaikan terkait “PPH 21 Orang Pribadi (OP) dan PPH Badan, PPN dan pentingnya Gen Z paham pajak”.

Dilanjutkan pemaparan pemateri kedua yaitu  Alchudri, SE., MM., CPA., CA., CPI dari Konsultan Akuntan. Pada materinya membahas “Mahasiswa akan dihadapkan pada pilihan yaitu menjadi pekerja atau enterpreneur, jika menjadi pekerja maka mereka wajib melaksanaakan kewajiban pajaknya sebagai PPH OP, sedangkan jika sebagai pemilik usaha maka wajib melaporkan PPH Badan dan PPN nya”. Mahasiswa diajarkan untuk paham pajak jika dihadapkan pada pilihan tersebut.

Diakhir kegiatan diisi dengan sesi tanya-jawab kepada kedua pemateri. Setelah itu ditutup dengan Pemberian Plakat Narasumber oleh HMPS D3 Administrasi Perpajakan x Kejar Mimpi kepada DJP Kanwil Riau dan Alchudri, SE., MM., CPA., CA., CPI. Dilanjutkan pemberian plakat kerjasama dari Kejar Mimpi kepada HMPS D3 Administrasi Perpajakan dan ditutup dengan sesi foto bersama.

 

 

About Wine Salsabila