ASESMEN LAPANGAN (AL) AKREDITASI PROGRAM STUDI D-III ADMINISTRASI PERPAJAKAN

Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau telah menerima kunjungan tim asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) dalam rangka pelaksanaan Asesmen Lapangan (AL) akreditasi Program Studi D-III Administrasi Perpajakan. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 29 s.d 30 Juli 2024 dihadiri oleh asesor LAMEMBA, Pimpinan Universitas, Dosen, serta Mahasiswa, Alumni serta stokeholder yang melakukan kerjasama dengan program studi.

Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang diwakili oleh Wakil Rektor III  Prof. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc., P.h.D dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan apresiasi kepada tim asesor LAMEMBA. “Kami menyambut baik kunjungan tim asesor LAMEMBA. Asesmen Lapangan ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, khususnya pada Program Studi D-III Administrasi Perpajakan yang sebelumnya sudah meraih Akreditasi A” ujar beliau.

Kegiatan Asesmen Lapangan ini meliputi beberapa agenda utama, antara lain Konfirmasi Kebijakan pengembangan, Sistem tata pamong, Capaian yang dilaporkan dan rencana pengembangan Perguruan Tinggi, serta penetapan data dan informasi Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS) yang akan dijadikan dasar penilaian. Tim asesor juga melakukan peninjauan terhadap fasilitas penunjang akademik, seperti PTIPD, perpustakaan, Labor Tax Center dan ruang Prodi dan juga ruang kelas kuliah.

Ketua tim asesor, Dr. Ida Farida Adi Prawira, S.E., M.Si.Ak., CA., mengungkapkan bahwa Asesmen Lapangan ini bertujuan untuk mengevaluasi secara komprehensif kualitas program studi, mulai dari kurikulum, proses pembelajaran, sumber daya manusia, hingga sarana dan prasarana. “Kami berharap melalui Asesmen Lapangan ini, kami dapat memberikan masukan konstruktif untuk perbaikan dan pengembangan program studi ke depan,” jelas Dr. Ida.

Hasil Asesmen Lapangan tertuang dalam Berita Acara Asesmen Lapangan Program Studi D-III Administrasi Perpajakan yang ditandatanggani oleh asesor I, Dr. Ida Farida Adi Prawira, S.E., M.Si.Ak., CA. dan Asesor II, Masripah, S.E., M.S.Ak., CPSAK. serta Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Dr. Mahyarni, SE., MM. menyebutkan bahwa Manajemen Mutu Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial sudah berstandar internasional dengan keberhasilan mendapatkan Sertifikat internasional ISO 9001 2015 tentang Quality Management Effective date 2022, Expired 2025, sertifkasi berasal dari BSI Assurance United Kingdom. Kemudian Program Studi D-III Administrasi Perpajakan sudah menjalankan Program MBKM. Profil Lulusan: Teknisi Perpajakan, Konsultan Pajak, Kewirausahaan. Struktur Kurikulum telah memuat Matriks CPL & CPMK. implementasi kurikulum PS telah dapat menjamin akuisisi dan pengembangan kompetensi mahasiswa melalui praktikum di laboratorium, keterlibatan mahasiswa dalam magang internasional, serta keterlibatan mahasiwa dalam Relawan Pajak berskala nasional.

Dalam bidang publikasi karya ilmiah dosen Program Studi D-III Administrasi Perpajakan terdapat 16 artikel yang dipublikasi pada jurnal internasional bereputasi, 28 artikel yang dipublikasi pada jurnal nasional terakreditasi, 8 artikel pada jurnal nasional, dan 7 artikel pada prosiding internasional. terdapat 108 sitasi artikel internasional bereputasi, 258 sitasi artikel nasional terakreditasi, 71 sitasi artikel nasional, dan 48 sitasi artikel prosiding.

Ketua Prodi Dr. Jhon Afrizal, S.HI didampingi oleh Sekprodi Muslim, S.Sos., M.Si menyebutkan optimis Program Studi D-III Administrasi Perpajakan akan meraih prediket Unggul pasca penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan Program Studi D-III Administrasi Perpajakan.

About Wine Salsabila